No
|
|
1
|
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
|
Pendekatan
pembelajaran yang
berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach).
Contoh: Pendekatan
Expository
|
|
Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered
approach). Contoh: Pendekatan Inquiry
|
|
2
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
Dari pendekatan pembelajaran yang telah
ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam
strategi pembelajaran
|
|
Strategi pembelajaran terkandung makna
perencanaan. Artinya, bahwa strategi
pada
dasarnya
masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang
akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
|
|
Strategi pembelajaran dapat dibedakan
antara
strategi
pembelajaran
induktif dan strategi pembelajaran deduktif
|
|
3
|
METODE PEMBELAJARAN
|
Metode pembelajaran merupakan langkah operasional dari
strategi pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga bagi sumber belajar
dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan jenis strategi yang
digunakan. Ketepatan
penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran.
|
|
Strategi merupakan “a
plan of
operation achieving
something”
sedangkan
metode adalah “a way in achieving
something”
|
|
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
metode adalah cara kerja yang bersistem
untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
|
|
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah
disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
|
Beberapa
metode pembelajaran
yang
dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1)
ceramah; (2) demonstrasi; (3)
diskusi; (4) simulasi; (5)
laboratorium; (6)
pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
|
|
4
|
TEKNIK PEMBELAJARAN
|
Metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran
|
|
Teknik Pembelajaran dapat diatikan sebagai
cara yang
dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan,
penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang
relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan
penggunaan metode ceramah pada kelas yang
jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
|
|
5
|
TAKTIK PEMBELAJARAN
|
Sementara taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat
dua orang sama-sama menggunakan
metode
ceramah,
tetapi mungkin akan sangat
berbeda dalam
taktik yang digunakannya.
Dalam
penyajiannya, yang
satu cenderung
banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi,
sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of
humor, tetapi lebih
banyak menggunakan alat
bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu. Dalam gaya
pembelajaran akan tampak keunikan atau
kekhasan dari
masing-masing
guru, sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan tipe
kepribadian dari guru yang bersangkutan. Dalam taktik ini, pembelajaran akan menjadi sebuah ilmu sekalkigus juga seni (kiat)
|
|
6
|
MODEL PEMBELAJARAN
|
Apabila
antara
pendekatan, strategi,
metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang
disebut dengan
model pembelajaran.
|
|
Jadi, model
pembelajaran
pada
dasarnya
merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan
secara
khas oleh guru. Dengan kata lain,
model pembelajaran merupakan bungkus atau
bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
|
|
Berkenaan dengan model pembelajaran, Bruce Joyce dan Marsha Weil
mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran,
yaitu:
(1) model interaksi
sosial; (2)
model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku.
|
|
7
|
KESIMPULAN
|
Monday, July 20, 2020
PERBEDAAN DEFINISI KATA PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, TAKTIK DAN MODEL
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment